Esensi Dalam Bertuhan - Lievell

Monday, June 29, 2020

Esensi Dalam Bertuhan

Dua belas tahun aku bersekolah di satu sekolah yang berbasis pendidikan Kristiani. Seperti pada umumnya sekolah dengan berbasis agama, anak-anak diminta untuk wajib mengikuti peraturan ritual agama di sekolah tersebut tanpa terkecuali apapun agama yang dianut oleh si anak. Jadilah ritual seperti melakukan ibadah kebaktian setiap minggunya, menghafalkan ayat-ayat alkitab setidaknya satu perikop dalam pelajaran agama dan juga ritual berdoa sebelum dan sesudah kelas, hukumnya wajib dilakukan dalam kegiatan persekolahan.  Apakah ritual-ritual tersebut lantas menjadikan anak-anak berkelakuan baik dalam kesehariannya?


Aku ingat sekali ketika aku berada di jenjang SMP. Kami diminta untuk mengikuti kebaktian yang dibuat di jam terakhir pelajaran sekolah dan terletak di gedung yang berbeda dari sekolah kami. Meskipun gedung kebaktian yang mana adalah gedung SD dan terletak dalam satu komplek yang sama, kami harus berjalan setidaknya 200-300 meter dari sekolah kami. Ya, kami berjalan berduyun-duyun di bawah terik matahari yang panasnya ajubileh bin jali, dengan guru yang menjaga barisan kami di depan dan di belakang agar anak-anak tidak hilang arah. Tetap saja, dalam perjalanan yang sebetulnya tidak cukup jauh itu, beberapa dari kami bisa mendadak berbelok arah dan masuk ke dalam gang-gang komplek perumahan lalu blas hilang, pulang ke rumah. Sehingga kebaktian yang diadakan sebelum pulang sekolah itu mendadak diganti jamnya menjadi pagi sebelum pelajaran dimulai agar peserta ibadah tidak mendadak hilang separuh.


Ada cerita lainnya lagi ketika kami ulangan agama dan harus menuliskan perikop ayat Alkitab. Mungkin ketika kami berusia SD, dengan nurutnya kami akan menghafal mati sampai tidak ada satu kata pun yang terlewatkan untuk nantinya kami tulis di kertas ulangan. Tetapi jangan harap dengan anak-anak menjelang usia dewasa ini, yang ada kami sibuk mengatur strategi bagaimana ayat-ayat Alkitab tersebut bisa kami ‘copy paste’ tanpa hilang satu katapun ke kertas ulangan kami. Ya, begitu banyak cara tentunya! Mulai dari membuat kertas contekan yang ditulis kecil-kecil (mata dengan silinder dan minus dilarang keras membuat contekan seperti ini) lalu kami gulung atau lipat untuk diselipkan di kaos kaki ataupun diinjak di dalam sepatu, sampai menuliskannya di atas meja kayu dengan pensil yang dilihat dengan bantuan cahaya matahari (cara ini memang akan tampak seperti orang bodoh karena kepala dan mata akan bergeser-geser untuk bisa membaca tulisan tersebut ) yang mana semua itu dilakukan dengan adrenalin tinggi tanpa ketahuan dari guru agama kami. Tujuannya tentu hanya untuk (lagi-lagi) nilai ulangan yang bagus semata.


Begitu banyak cara yang anak-anak lakukan di usia sekolah untuk bisa melepaskan diri dari ritual-ritual keagamaan. Anak-anak tampak tidak menyukai kegiatan beribadah ataupun pelajaran agama yang diberikan oleh sekolah. Tak jarang juga terjadi pemberontakan akan ritual-ritual yang sekolah sajikan. Padahal jelas sekali kalau semua peraturan-peraturan tersebut dibuat (untuk dilanggar, eh!) untuk menjadikan murid-muridnya berakhlak mulia di kemudian hari setelah selesai dari jenjang pendidikan di sekolah tersebut. Lantas, apa yang salah dari semuanya ini?


Dalam pembahasan diskusi dengan CM Jakarta beberapa hari yang lalu, ada penggalan kalimat seperti ini, “Dari tiga jenis pengetahuan yang layak dimiliki anak – pengetahuan tentang TUHAN, tentang manusia, dan tentang semesta – pengetahuan tentang TUHAN duduk peringkat pertama dalam hal arti pentingnya, tak boleh terabaikan, dan paling menentukan kebahagiaan.” Sudah jelas sekali bahwa pengetahuan tentang Tuhan ini menduduki tangga tertinggi untuk dijadikan tiang pondasi bagi anak. Mungkin yang menjadi pertanyaannya saat ini adalah, siapakah yang mengambil peran untuk mendirikan tiang pondasi tersebut untuk anak? Apakah sekolah, khususnya guru, ataukah peran orang tua yang mempunyai porsi terbesar dalam mengambil peran tersebut?


Guru di sekolah mempunyai peran dalam mendidik anak-anak dalam beragama. Pastinya dengan tekun guru akan mengajarkan semua yang berkaitan dengan keagamaan. Setidaknya seminggu sekali lah anak-anak diberikan bekal pelajaran agama dari buku teks. Dalam kesehariannya anak-anak pun diminta untuk melakukan rutinitas berdoa sebelum dan sesudah jam pelajaran sekolah agar mereka dilindungi dalam naungan Tuhan dalam belajar. Anak-anak pun tidak luput diberikan bekal ini itu yang berkaitan dengan Ketuhanan dalam kesehariannya mereka di sekolah. Tetapi, apakah hanya dengan buku teks saja anak-anak mampu mempunyai ikatan yang kuat dengan Tuhannya? Apakah dengan berdoa setiap hari anak-anak paham arti dan tujuanya dalam berdoa? Seyakin apa bekal-bekal yang diberikan oleh guru mampu membuat anak-anak ini bertahan di kehidupannya kelak selepas dari sekolah?


Seperti kata pepatah lama, “Anak adalah titipan Tuhan.” Seperti itulah tugas orang tua yang mengambil peran dalam porsi besar untuk bertanggung jawab akan titipanNya. Ikatan spiritual yang terbangun antara anak dan orang tua yang menjadi dasar untuk mendidik anak tentang Tuhan. Kasih sayang orang tua ibarat kasih sayang Tuhan untuk anaknya, sehingga sudah menjadi kewajiban utama bagi orang tua untuk mendampingi anak dalam kesehariannya untuk mengenal Tuhan lebih jauh lagi. Pertanyaan pun muncul ketika tanggung jawab ini disematkan. Bagaimana jika orang tua tidak sereligius itu dalam menjalankan agamanya, dalam melakukan ritualnya, dan dalam beribadahnya? Tentunya lepas tanggung jawab dan memberikan porsi ini kembali ke guru sekolah bukan menjadi jawabannya ya.


Perjalanan spiritual setiap keluarga bisa sangat berbeda-beda. Belajar dan bertumbuhlah dengan anak, karena sejatinya hasrat alami manusia itu mengenal sesuatu yang lebih tinggi darinya, dalam hal ini Tuhan. Pendidikan itu didapat dari atmosfer yang terbentuk dan keluarga mempunyai peran yang paling besar dalam memberikan atmosfer tersebut. Bagaimana anak bertumbuh dalam iman jika orang tua pun tidak mau bertumbuh dengan anak?


Mengenal Tuhan merupakan kebutuhan dasar setiap manusia, dan mengenalkan Tuhan dalam keseharian pun bisa berbeda-beda caranya. Mungkin melalui persoalan yang terjadi di sekitar dan mendiskusikannya bersama-sama dengan anak, bagaimana menyelesaikan masalah tersebut dengan mengandalkan tangan Tuhan yang bekerja dalam penyelesaiannya. Ataupun juga ketika anak bertanya tentang agama yang dianutnya, bersiaplah untuk menjadikan ini sebagai bahan diskusi yang menarik dengan anak dalam pencarian jati dirinya dengan Tuhannya.


Esensi dalam berTuhan tidak terpaku hanya di ritual dalam berdoa dan beribadah, tetapi juga dalam bersikap, pola pikir, cara pandang dan juga cara bersikap keluar terhadap teman-teman yang berbeda agama. Overdosis dalam beragama juga tidak dibenarkan. Ibarat melintasi kotak agama, anak-anak perlu juga melihat dan belajar dari kacamata agama lain sehingga mereka tidak semata tumbuh dan menjadikan agamanya  sendiri sebagai yang paling benar (I’ve been there!).

 


No comments:

Post a Comment