Dadah, Gigi Bungsuku - Lievell

Saturday, December 9, 2017

Dadah, Gigi Bungsuku


Sepulang dari Solo, gigi kok berasa cenat cenut aja ya. Mau datang ke dokter gigi kok rada males ya. Oiya, dokter giginya ini kebetulan masih sepupuan juga kok. Apalagi dapet kabar si budok ini mau jelong-jelong ke Korea akhir November. Ahh, ntar aja deh abis doi pulang aja. Ditahan-tahan aja lah sebentar. Gitu lah kira-kira mikirnya.

Eh tapi kok berasa makin ngilu yaa nih gigi. Makan dah mulai gak enak, dikit-dikit ngilu, tidur jadi mendusin terus-terusan (duilee..mendusin, dah lama ya gak denger itu). Beneran sakit gigi itu ngalahin yang namanya sakit ati ditinggal pacar dah.

Akhirnya mutusin dateng juga ke dokter gigi. Untung tepat banget, malamnya mereka dah siap mau terbang ke Korea.

Begitu diperiksa...jreng...gak ada yang bolong.
Nah loh...
Rontgen gigi deh biar tau...(rontgen gigi sebagian aja)
Jreng...jreng....
"Gigi bungsu lo kudu dioperasi nih"
Whaaatttt?! *kesamber petir siang bolong*

Setelah ngobrol panjang kali lebar kali tinggi sama doi, step pertama adalah gue kudu rontgen gigi keseluruhan, panoramic namanya. Keren ya namanya. Lalu setelah itu baru bisa dipastikan apakah ibu dokter ini bisa bantu angkat si gigi bungsu atau gak. Kalau iya, buat janji sama susternya. Kalau gak bisa, terpaksa harus cari dokter bedah. Doa gue saat itu, berharap penuh si ibu dokter ini bisa bantu angkat gigi bungsu gue.


Beberapa hari kemudian, gue niatkan rontgen Panoramic di Bio Medika. Hasilnya cepet banget, dalam hitungan menit dah jadi. Langsung foto trus kirim ke si ibu dokter yang lagi asek jalan-jalan di Korea ini. Hasilnya...doi give up liat gigi bungsu gue yang nyungsep masuk ke dalam. Gue harus cari dokter bedah yang bisa ambil gigi gue ini. Agak riskan kalau dilakukan bukan dengan dokter bedah mulut, kasusnya agak berat.

Mulailah pencarian untuk nyari dokter bedah yang harganya terjangkau. Sempat terpikir untuk pakai BPJS, tapi setelah dicari infonya ternyata gak semua rumah sakit mau terima. Akhirnya pilihan jatuh di Rumah Sakit Tzu Chi.

Rumah sakit ini berada dibawah Yayasan Budha Tzu Chi, yang memang memberikan pelayanan pengobatan dengan biaya terjangkau untuk orang kurang mampu. Letaknya di dalam perumahan Cinta Kasih Tzu Chi, yang terdiri dari sekolah, rumah susun dan rumah sakit dalam satu komplek. Tempatnya memang tidak terlalu kelihatan dari jalan raya, karena agak masuk ke dalam.

Tahun lalu di bulan Desember juga ke sini belum ada bangunan baru, waktu itu Ali yang sakit. Tahun ini sudah berdiri bangunan tinggi sekitar 8 atau 9 tingkat ke atas, bagus dan rapi.

Pagi-pagi sekitar jam 6.30 pagi, kami bertiga sudah sampai di rumah sakit ini. Pendaftaran dibuka pukul 7. Celingak celinguk gak ngerti harus kemana, tanya deh ke satpam. Satpamnya baik banget lagi, dijelasin prosedurnya. Sopan dan senyum.

Setelah daftar, kami disuruh nunggu di lantai dua karena dokter bedah mulut dan kawan-kawannya (dokter gigi maksudnya) semua di lantai ini dan mulai buka praktek jam 8 pagi.

Nunggulah kami, sambil main hape, ke wc, makan roti, jalan-jalan biar gak bosen, plus jemuran. Hehehehe. Pas banget duduknya kena matahari pagi dan pas juga kondisi badan lagi gak fit banget. Batuk pilek parah.

Nunggu punya nunggu, kok berasa lamaaa banget gak dipanggil2. Tanyalah ke suster. Oke, kami nanya gak sekali dua kali. Si babeh nanya, gak lama gue nanya lagi, bolak balik aja kaya gosokan. Muka suster sih mulai agak flat yaa. Tadinya masih senyum, ini mulai flat. Hehehehe...
Maklumin ya sus, eikeh pengen garuk-garuk tembok rasanya nahan sakit.


Akhirnya masuk juga ke ruang praktek Dr. Inda Pribadi, sang dokter bedah. Berhubung gue dah dapat pre-medikasi, dah minum obat maksudnya, jadi juga dioperasi hari itu juga. Rasanya tegang dan dag dig dug duer banget ih.

Setelah tanda tangan prosedur yang di dalamnya dah tertulis biaya operasi hari itu, duduk manis lah gue di kursi goyang...eh...kursi kebangsaan dokter gigi. Jantung sih gak bohong, muka diusahakan flat, tapi lama-lama ya keliatan juga parnonya. Hihihi.

Mungkin karena dokternya cowo yaa, tenaga agak luar biasa. Mulut kayanya habis terobok2. Suntikan anastesi pun gak mempan sekali, kayanya 4 kali sampai bener-bener baal. Lalu mulailah proses pengambilan gigi bungsu yang makan waktu hampir 1 jam ini. Karena posisi agak ke bawah, jadilah rahang berasa kaya mau copot waktu si gigi bungsu ini ditarik. Sempet ngomong juga ke si gigi bungsu untuk rela dilepaskan karena berkali-kali Pak Dokter kewalahan buat tarik keluar. Setelah itu lancar dan akhirnya keluar juga. Fiuuuh....

Prosesnya selesai juga...
Si gigi bungsu yang gak keluar ini akhirnya keluar juga dan berpisah dari teman-temannya..

Waktunya bayar membayar.
Sempet terlintas akan ada tambahan bayaran karena ada tambahan suntikan anastesi, perintilan-perintilan seperti kapas yang dibawa pulang dan lain-lainnya yang ditambah saat operasi berlangsung. Ternyata, apa yang ditulis sama Pak Dokter di awal itulah yang kami bayar, plus obat-obatan yang dibawa pulang tentunya.

Kalau menurut Pak Dokter untuk kasus seperti gue ini di rumah sakit swasta dah kena 8 jeti. Bersyukur kami kesini, kami dikenakan gak lebih dari 2 jeti saja. Terima kasih, Tuhan atas penyertaanMu!!


Foto sepulang dari Rumah Sakit








3 comments:

  1. Hi lievell, lam kenal ya, selama proses pembedahan apakah terasa sakit..soalnya sy ada rencana dlm Minggu ini operasi juga..ada rasa takut.😀

    ReplyDelete
  2. Iya nih aku juga mau operasi gigi bungsu, biaya nya bisa dirinci gak ??? trus rongsennya itu jadi buat mereka apa bisa kita bawa pulang?

    ReplyDelete
  3. case begini di cover bpjs kok mbak, yg penting mintak rujukan ke puskesmas dulu. aku 4 buah gigi bungsu gini yg dicabut di RSUP Unand

    ReplyDelete